Tips Olahraga Saat Berpuasa

Sungguh-sungguh mudah untuk mendapatkan dehidrasi saat puasa, apalagi ditambah oleh aktivitas fisik. Pada saat melakukan olahraga saat puasa, jangan lupa memperhatikan asupan cairan di dalam tubuh, agar tubuh tetap sehat. Sehingga cairan tubuh harus terpenuhi untuk membantu menghidrasi. Dan yang tidak kalah penting, jangan melewatkan makan sahur agar Anda memiliki cukup energi untuk berolahraga serta melakukan aktivitas maka waktu berbuka puasa. Olahraga intensitas ringan tidak hanya berguna untuk membakar kalori, tetapi juga menghilangkan stres dan menambahkan kebugaran. Hindari proses olahraga berat, misalnya berlari dan angkat beban.

tips olahraga saat puasa

Bukan sebatas itu, berolahraga pun bisa membantu mengontrol berat badan tubuh selama puasa. Selanjutnya jenis olahraga berkaitan saja yang dapat dilakukan selama menjalani ibadah puasa. Suggestions olahraga yang ini adalah dengan menghindari makanan yang tidak sehat. Selain Ramadhan adalah waktu untuk berpuasa, bagi banyak umat muslim, Ramadhan juga waktu untuk memanjakan perut. Sebagian orang yang berpuasa akan berbuka puasa dengan makan secara berlebihan. Allibhai menyarankan agar kita meminum dua gelas air saat berbuka. Menurutnya, rasa haus seringkali kita pikir sebagai rasa lapar.

Jadi, minum air terlebih dahulu dapat mencegah makan berlebihan. Allibhai juga mengatakan, makanan yang kadar airnya tinggi juga menjadi cara praktis untuk menjaga cairan tubuh, seperti semangka dan salad.

Minumlah segelas air putih sebelum dan setelah makan saat berbuka dan sahur. Selain minum air putih, asupan cairan juga bisa didapatkan dari buah-buahan atau yogurt. Pemilihan asupan makanan ini sangat penting agar tubuh tetap kuat dalam berpuasa, dan juga tetap bugar dengan menerapkan olahraga. Saat sahur, sebaiknya konsumsi karbohidrat kompleks dan makanan berserat supaya energi dalam tubuh tidak cepat habis. Sedangkan, tuk memenuhi kebutuhan proteins, kamu bisa konsumsi ikan, daging, serta telur. Setelah sahur juga merupakan salah satu waktu terbagus untuk olahraga ketika puasa. Hal terkait karena tubuh sudah menerima energi dri makanan saat sahur, sehingga kamu dapat melakukan olahraga dalam sekarang.

Ragam makan pun jadi berubah sehingga meraih memengaruhi fungsi tubuh. Namun, bukan sesuatu yang tidak tampaknya untuk melengkapi olahraga ketika puasa. yang ini dan paling bernilai, minum air putih secukupnya agar kepentingan cairan terpenuhi.

Nah, sesudah berbuka tentu menjadi waktu yang passing buat kamu berolahraga. Karena tubuh sudah mendapatkan kembali kraft yang dibutuhkan, anda bisa melakukan seluruh jenis olahraga pada waktu ini. Anda juga bisa proses olahraga yang dapat meningkatkan kekuata dan masa otot tubuh, lho. Anda bisa berolahraga setelah sahur dengan mudah karena tubuh masih dipenuhi dengan energi. Sebaiknya olahraga dilakukan sebelum waktu imsak sehingga masih bisa minum beberapa gelas air agar tidak dehidrasi. Keengganan untuk berolahraga selama Ramadhan dapat dimaklumi, Bun. Sebab, Bunda beraktivitas dengan energi terbatas karena tidak makan dan minum dalam rentang waktu tertentu.

Tetapi perlu Bunda tahu bahwa olahraga faktanya saat berpuasa ternyata dapat meningkatkan kesehatan otak dan menjaga otot secara biologis tetap muda. Olahraga bisa dijadikan sebagai kegiatan menanti berbuka puasa yang bermanfaat. Setelah selesai olahraga, Anda bisa langsung berbuka puasa untuk mengganti cairan tubuh dan energi yang keluar saat berolahraga. Namun, jenis olahraga tersebut masih bisa dilakukan setelah berbuka puasa. Pastikan Anda sudah memberi hentian cukup antara sewaktu berbuka dengan sewaktu berolahraga. Agar bukan terjadi kenaikan asam lambung akibat permainan yang dilakukan terlampau dekat dengan sewaktu makan. Saat bulan Ramadhan, tubuh terkadang akan menjadi bertambah lesu akibat bukan mendapatkan suplai makanan dan minuman semasa 13 jam.